CARA MERAWAT GIGI BAYI


Cara Merawat Gigi pada Bayi


Merawat gigi bayi memang sangat kurang diperhatikan sebagian besar orang tua. Karena mungkin belum tahu cara merawat gigi bagi bayi tersebut. Untuk itu ada baiknya jika anda membaca tips tentang cara merawat gigi pada bayi berikut ini. Sebuah gigi yang kuat dan sehat memiliki peran penting bagi kesehatan keseluruhan dari anak. Gigi membantu bayi Anda mengunyah makanan serta praktek pengucapan. Gigi juga mempengaruhi perkembangan rahang bayi.

Cara Merawat Gigi Bayi
Sebuah gigi yang kuat dan sehat memiliki peran penting bagi kesehatan keseluruhan dari anak. Gigi membantu bayi Anda mengunyah makanan serta praktek pengucapan. Gigi juga mempengaruhi perkembangan rahang bayi.

Kapan Bayi Gigi Akan Tumbuh?

Biasanya gigi susu mulai muncul pada anak-anak berusia 4-7 bulan, tapi ini berbeda antara bayi . Ketika anak Anda akan tumbuh gigi , Anda akan melihat bahwa aliran air liur bayi ( saliva / air liur ) dan suka mengunyah pada hal-hal . Mandibula gigi susu gigi seri sering kali yang pertama.

Apa yang bisa saya lakukan ketika gigi bayi tumbuh?

Tumbuh gigi tidak bisa sakit, tapi kadang-kadang membuat anak tidak nyaman dan rewel . Tumbuh gigi jarang menyebabkan demam. Jika anak Anda mengalami demam, konsultasikan dengan dokter Anda. Berikut ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan bayi Anda :
Berikan bayi anda mengunyah atau menghisap cincin gigi untuk mengunyah atau handuk dingin bersih.
Menggosok gusi dengan jari bayi yang bersih, konsultasikan dengan dokter anda bahwa anak anda telah demam analgesia tidak? Jika demikian gunakan parasetamol.

Bagaimana Dengan Bayi yang Diberi ASI atau botol?

Tumbuh gigi tidak mempengaruhi menyusui. Anda masih menyusui seperti biasa. Jika gigi mulai kuat memakai botol susu juga tidak apa-apa. Jangan meninggalkan anak Anda di tempat tidur dengan botol. Seharusnya tidak mengisap botol dan bayi tidur. Susu tetap di mulut yang menyebabkan gigi berlubang.

Untuk alasan yang sama, Anda tidak harus tidur di tempat tidur untuk anak Anda untuk menggunakan sippy cup ( jenis cup tutup prop ketika terbalik ) penuh jus atau susu. Ketika bayi berusia 1 tahun, Anda tidak harus botol susu makan lagi : bayi tidak berjalan dengan secangkir sippy kecuali satu yang hanya berisi air.

Ketika anak Anda berusia lebih dari 1 tahun, gunakan susu untuk bayi di tengah-tengah makan, bukan minuman lain. Jus atau susu rasa biasanya mengandung lebih banyak gula, sehingga ingin dia gunakan.

Kapan Bisa Menyikat Gigi?

Mulai membersihkan gigi bayi Anda, 2 kali / hari, segera setelah gigi pertama tumbuh. Anda dapat menggunakan kain lap basah atau kain kasa untuk membersihkan gigi dan gusi bayi sampai anak Anda berusia 1 tahun. Ketika anak Anda 1-1,5 tahun, membersihkan gigi bayi dengan sikat lembut untuk anak-anak dengan pasta gigi tidak mengandung fluoride ( krim aman jika mereka menelan ).

Kapan Saya Harus Membawanya Ke Dokter Gigi?

Harus membawa anak ke dokter gigi ketika anak berusia 1 tahun, terutama dengan bayi pada risiko kerusakan gigi atau masalah lain. Lebih baik lagi, Anda harus memberikan anak-anak ke dokter gigi, serta berjalan-jalan di klinik gigi, sebelum anak mengalami masalah gigi. Source : tasik-kesehatan

Demikian tips kesehatan tentang Cara Merawat Gigi pada Bayi yang bisa saya postingkan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang merawat gigi bayi.

Salam Hormat Idik Saeful Bahri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZAT ADITIF MAKANAN

PENGENALAN FISIKA