Penelitian Fisika



SUARA BISING DISEKITAR KITA
Kebisingan akan menyebabkan merosotnya pendengaran manusia. Secara pasti memang belum dapat diketahui adanya hubungan tingkat suara kebisingan
dengan besarnya kerusakan alat pendengaran. Sebab akibat kerusakan pada masing-masing orang itu berbeda-beda. Misalnya pada tingkat usia atau tingkat ketahanan tubuh seseorang yang berbeda. Namun biasanya, pada tingkat suara sekitar 85 decibel yang terus-menerus sudah cukup mengakibatkan rusaknya pendengaran manusia (tuli). Kebisingan pabrik-pabrik misalnya, berkisar antara 85 sampai 90 decibel.

FREKUENSI DENYUT JANTUNG
FDJ (Frekuensi Denyut Jantung) dipengaruhi antara lain oleh faktor : usia, jenis kelamin, lingkungan, derajat kesegaran jasmani serta olahraga yang dilakukan. Makin berat olahraga yang dilakukan berarti makin banyak O2 yang dibutuhkan oleh otot yang bekerja. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan meningkatkan curah jantung.
Istilah “Curah Jantung” menyatakan jumlah darah yang dipompa oleh jantung dalam waktu satu menit. Jadi, bila jantung berdenyut 70 kali per menit dan sampai denyut memompa darah sebanyak 70 ml, maka curah jantung adalah 70 x 70 ml = 4.900 ml per menit.
Jumlah FDJ terendah diperoleh pada keadaan istirahat berbaring, pada keadaan duduk jumlahnya meningkat dan pada keadaan berdiri lebih meningkat lagi. Hal ini disebabkan oleh pengaruh gravitasi akibat perubahan posisi tubuh terhadap darah yang mengalir kembali ke jantung.

NEUTRINO
Pada sebuah konferensi fisika “Neutrino 98”  yang berlangsung di Jepang pada tanggal 5 Juni 2009 lalu, membawa temuan yang menggegerkan teori fisika modern. Neutrino, salah satu partikel dasar yang jauh lebih kecil daripada elektron, ternyata memiliki massa. Tim ahli-ahli fisika yang terdiri dari kurang lebih 120 orang dari berbagai negara termasuk Amerika, Inggris, Jepang, Jerman dan Polandia tersebut melakukan penelitian terhadap data-data yang dikumpulkan selama setahun oleh sebuah laboratorium penelitian neutrino bawah tanah di Jepang. Jika laporan tersebut terbukti benar, maka akan membawa dampak yang sangat luas terhadap beberapa teori fisika, terutama pembahasan mengenai interaksi partikel dasar, teori asal mula alam semesta ini serta problema kehilangan massa (missing mass problem) maupun teori neutrino matahari.
Neutrino atau neutron kecil adalah sebuah nama yang diberikan oleh fisikawan dan pemenang hadiah nobel dari Jerman yaitu Wolfgang Pauli. Neutrino adalah partikel yang sangat menarik perhatian para fisikawan karena kemisteriusannya.
Untuk keabsahan penemuan ini, tim internasional dari eksperimen super Kamiokande dalam laporannya juga mengajak tim-tim saintis lainnya untuk mengkonfirmasi penemuan mereka. Namun menurut pengalaman di masa lalu, laporan osilasi neutrino dan neutrino bermassa selalu kontroversi dan jarang bisa dikonfirmasi kembali.
Sampai saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai masalah tersebut, para ahli harus sabar menunggu karena eksperimen semacam ini hanya bisa dilakukan oleh segelintir eksperimen saja di seluruh dunia. Yang pasti, jika hasil penemuan ini memang nantinya terbukti benar, maka jelas dampaknya akan sangat terasa pada beberapa teori fisika modern.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZAT ADITIF MAKANAN

PENGENALAN FISIKA

LIKA-LIKU DAFTAR CPNS