Pembaca bisa berdiskusi dengan Idik Saeful Bahri melalui email : idikms@gmail.com, idik.saeful.b@mail.ugm.ac.id, atau idikms@mahkamahagung.go.id

Minggu, 26 Januari 2020

Buku: Turki dalam Pergumulan Politik, HAM, dan Demokrasi




Turki adalah negara berpenduduk muslim yang paling stabil di Timur Tengah. Kehadiran Turki memberikan makna optimisme bagi gejolak politik diantara negara-negara Arab.
Kestabilan Turki tentu dalam artian yang tidak sebenarnya. Turki tetap menghadapi banyak masalah, baik di internal Turki sendiri, maupun konflik di luar Turki. Peran Turki yang cukup strategis di kawasan, membuat dirinya terjun dalam politik kepentingan di negara lain, sebutlah Suriah misalnya.
Namun dengan banyaknya masalah dan kasus yang dihadapi, pemerintah Turki memiliki banyak alternatif untuk mengatasinya, atau setidak-tidaknya mengurangi dampak buruknya. Buku ini mencoba menguraikan beberapa masalah yang dihadapi Turki, utamanya dalam hal politik, pelanggaran HAM, dan demokrasi.

Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia perlu untuk mengkaji Turki dalam beberapa aspek. Dalam hal-hal positif perlu dijadikan contoh, adapun untuk hal-hal negatif, penting untuk dijadikan pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia, utamanya pemerintah.





Tidak ada komentar: